Sabtu, 13 Juli 2013

Tari mandar " Tari Cuccupeneq Rio"



Cuccupeneq Rio adalah tari yang dibawakan oleh Sanggar Tipalayo Provinsi Sulawesi Barat dalam Ajang Festival Nasional Tari Kreasi Baru Anak-anak 2013 di Surabaya dengan tema Permainan anak, Sanggar ini dipilih dari beberapa Sanggar yang ada di Polewali mandar yang mengikuti proses seleksi dan dipilihlah Sanggar Tipalayo sebagai yang terbaik dari sanggar-sanggar tersebut. Dan berangkatlah 10 anak asuhan dari Bunda Emi begitulah biasa kami sapa Sang penata tari Ibu Emi Azis, S.Pd.
Cuccupeneq Rio diambil dari kata Cuccupeneq dan Rio, Cuccuppeneq ( bermain bersama ) adalah salah satu lagu permainan anak-anak mandar yang dinyanyikan saat bermain, dan Rio diambil dari kata Mario yang berarti senang, bahagia,gembira. Dan Jika diartikan maka Cuccuppeneq Rio adalah Sekumpulan anak-anak yang bermain bersama dalam suasana kegembiraan.

Tarian ini menggunakan properti Tempurung Kelapa ( Kaqdaro ; bahasa mandar ) dan Bambu ( Tarring ; bahasa mandar ). Tempurung tersebut digabungkan dengan seutas tali dan dipakai menyerupai Enggrang ( Jekka ; bahasa mandar ) biasa juga disebut dengan Jekka Kaqdaro atau Enggrang tempurung kelapa, dan bambunya dibuat sedemikian rupa hingga dapat mengeluarkan bunyi bila diayunkan yakni dengan cara dipotong dengan panjang 40 cm dan dibelah tetapi tidak sampai habis.


Tarian ini diiringi oleh alat musik asli dari tanah mandar, berupa Gandang mamasa ( Gendang dari mamasa ), Calong , Gandang maccak ( Gendang Pencak Silat ), Kaqdaro, dan Keke ( alat musik tiup dari mandar). Jika daerah lain dengan para penarinya diiringi oleh pemusik lebih dari 6 orang bahkan ada yang sampai puluhan pemusik, mandar tetap pada kesedarhanaannya yakni "3 pemusik tetapi semuanya harus bermain cantik" hehehehe kata Sahabuddin mahganna Sang Penata musik.( pemusik ; saya sendiri mursalin,
muh. Ulfi mahendra, dan Sahabuddin
mahganna ). 

  
Terima kasih ..:) Teriring Salam buat Opa ( Sahabuddin mahganna ), my bro muh. Ulfi mahendra, my sista Ikha pennya'..:D., Bunda Emi, mami Aji , adek-adek penari kangen deegh sama kalian..:).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar